Selasa, 09 Februari 2010

GAME I

AWAL DARI GAME


Ketika para mahasiswa MIT mengadakan pertandingan permainan komputer grafis pertama kalinya di dunia yang bernama spacewar pada tahun 1962, mungkin tidak ada satupun dari mereka yang menyadari bahwa empat dekade kemudian permainan komputer akan menjadi sedemikian realistis, juga seberapa besar bisnis yang tumbuh karenanya.

Permainan ketangkasan komersial seperti Pong dan Space invaders yang muncul di tahun 1970-an, dan komputer rumahan (PC) membawa permainan komputer dalam jangkauan para penggemarnya di tahun 1980-an, membawa alur sejarah perkembangan permainan menjadi seperti sekarang ini.

Sejak dari pertandingan tersebut, pengembangan dan pemrograman permainan komputer berkembang dari sekedar perusahaan kecil amatir menjadi industri berskala besar dan profesional. Saat ini, waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan sebuah permainan komputer dari ide dasar hingga menjadi produk biasanya adalah dua tahun dan membutuhkan kontribusi kerja antara 20 hingga lebih dari 50 orang.

Perkiraan pendapatan bersih yang dihasilkan saat ini dari permainan komputer adalah sekitar 25 trilyun Euro ( 1 Euro sekitar 14.500 Rupiah ) dan perkembangan annual diprediksikan lebih dari 10% pada tahun-tahun mendatang ( Data dari Game Develovers Association of Australia 2003 ). Permainan komputer yang disebut Massively Online berawal dari sebuah permainan sangat sederhana yang hanya berupa kompetisi antara dua pemain pada sebuah permainan komputer bernama Pong.

Pong
diciptakan oleh William A.Hinginbotham di tahun 1958 menggunakan oscilloscope. Sedangkan permainan komputer yang bisa dimainkan lebih dari satu orang untuk pertma kalinya adalah Spacewar, yang didesain tahun 1961 untuk mendemontrasikan sebuah komputer PDP-1 baru yang dipasang di MIT. Untuk masa itu permainan ini sangatlah luar biasa walaupun untuk sukses secara komersial tidaklah memungkinkan karena harga sebuah komputer PDP-1 lebih dari US$ 100.000. Sebuah versi mirip Spacewar yang sukses secara komersial adalah Galaxy war, yang mulai bermunculan dikampus Stanford pada awal 1970-an.


FUNGSI DARI GAME

Tahukah anda selain membuat kesenangan game juga dapat menjaga otak agar dapat tetap sehat? tentu saja bukan sembarang game yang bisa membuat otak agar tetap sehat, lalu game seperti apakah? Vivity Labs bersama dengan para ahli kesehatan otak mengembangkan game yang diklaim baik untuk kesehatan otak ini. game-game tersebut diklaim dapat meningkatkan lima fungsi utama otak, yakni memori, konsentrasi, bahasa, eksekutif (logika dan alasan) serta kemampuan visual.

Penasaran game apa saja yang bisa meningkatkan fungsi otak tersebut? Mungkin beberapa game tersebut sudah tidak asing lagi bagi Anda. Misalnya, Paradise Island, Deep Blue Expedition dan yang lainnya.

"Ini (Fit Brains - red.) adalah jenis game yang dapat dimainkan siapa saja. Game ini dapat meningkatkan kecepatan berpikir dan ketajaman otak," ujar Michael Cole, pendiri dan CEO Vivity Labs.

Satu hal berbeda yang ditawarkan portal game ini adalah pemain dapat mengetahui fungsi otak bagian mana yang perlu ditingkatkan dan bisa mendapatkan feedback dari tim Fit Brains. Tentunya ini akan lebih baik hasilnya daripada jika pemain bermain game-game tersebut secara acak tanpa ada panduan.






0 komentar:

Posting Komentar

banditcat-hastalavista © 2008 Template by:
SkinCorner